TAHAP TAHAP SELEKSI IPDN TERBARU

TAHAPAN SELEKSI

Pendaftaran dilakukan oleh peserta seleksi CPNS Calon Praja IPDN. Badan Kepegawaian Daerah atau sebutan lainnya di Kabupaten/Kota seluruh Indonesia.

Tahapan Seleksi Penerimaan CPNS Calon Praja IPDN menggunakan SISTEM GUGUR, meliputi:

  1. Seleksi Administrasi;

  2. Tes Kompetensi Dasar (TKD);

  3. Tes Kesehatan;

  4. Tes Kesamaptaan/Jasmani;

  5. Tes Psikologi dengan penambahan sub item Tes Integritas dan Kejujuran;

  6. Cek Ulang Kesehatan;

  7. Cek Ulang Kesamaptaan/Jasmani; dan

  8. Wawancara Penentuan Akhir (Pantukhir). 

Materi Tes Kompetensi Dasar (TKD) untuk mengukur kecerdasan majemuk (multiple intelligences) CPNS Calon Praja IPDN, disiapkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PAN dan RB) dan Badan Kepegawaian Negara (BKN), yang terdiri dari:

  1. Tes Karakteristik Pribadi (TKP);

  2. Tes Intelegensi Umum (TIU); dan

  3. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). 



E. TAHAPAN SELEKSI/MATERI UJIAN DAN WAKTU PELAKSANAAN UJIAN

Seleksi dilakukan melalui tahapan sebagai berikut :

  1. Seleksi Administrasi oleh Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten/Kota (ditentukan setelah ada pengumuman resmi dari Kementrian Dalam Negeri);

  2. Tes Psikologi oleh Lembaga Psikologi yang ditunjuk oleh Menteri Dalam Negeri dilaksanakan di Ibu Kota Provinsi (ditentukan setelah ada pengumuman resmi dari Kementrian Dalam Negeri);

  3. Tes Kesehatan dan Kesamaptaan dilaksanakan di Ibu Kota Provinsi (ditentukan setelah ada pengumuman resmi dari Kementrian Dalam Negeri);

  4. Tes Akademis oleh Kementerian Dalam Negeri dilaksanakan di Ibu Kota Provinsi (ditentukan setelah ada pengumuman resmi dari Kementrian Dalam Negeri) dengan

Materi Seleksi IPDN  sebagai berikut :

  1. Pancasila

  2. UUD 1945

  3. Pengetahuan Umum (Sejarah, Kebijakan Pemerintah, Otonomi Daerah, Hukum, Pengetahuan Dalam dan Luar Negeri)

  4. Bahasa Indonesia

  5. Bahasa Inggris; Matematika.

Penentuan Akhir dilaksanakan oleh Panitia Penentuan Akhir yang ditetapkan oleh Menteri Dalam Negeri di Kampus IPDN Jatinangor, Sumedang Jawa Barat (ditentukan setelah ada pengumuman resmi dari Kementrian Dalam Negeri). Penyampaian Keputusan Menteri Dalam Negeri tentang Kelulusan dan diterima menjadi Calon Praja IPDN di Kampus IPDN Jatinangor, Sumedang Jawa Barat (ditentukan setelah ada pengumuman resmi dari Kementrian Dalam Negeri) 

 untuk download soal klik link berikut ini:

soal IPDN 

3 comments for "TAHAP TAHAP SELEKSI IPDN TERBARU"

  1. trmkasih atas infonya. Anda baik sekali...

    ReplyDelete
  2. Assalamu Alaikum wr-wb, Saya ingin berbagi cerita kepada anda, betul dengan yang di kata'kan mas D bahwa dulunya saya ini juga cuma seorang Honorer di sekolah dasar manado, Sudah 7 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 3 kali mengikuti ujian, dan membayar 40 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali bahkan saya sempat putus asah,namun teman saya memberikan no tlp Bpk DJOKO SUTRISNO yang bekerja di BKN pusat yang di kenalnya di jakarta dan juga mengurusnya untuk kenaikan golongan, saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudia saya sudah ada panggilan kejakarta untuk ujian, alhamdulillah SK saya akhirnya keluar, itu adalah kisa nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya Hubungi saja Bpk Dr.Drs.Djoko sutrisno,Msi no hp beliau yang s'lalu aktif 0823-2067-3456 terima kasih

    ReplyDelete

silahkan anda melakukan komentar pada kolom komentar di bawah ini