STATISTIK DAN STATISTIKA

ok sobat kumpulan soal. pada kesempatan kali ini kami ingin membagikan sedikit pemahaman mengenai statistik dan statistika.

banyak orang melakukan berbagai penelitian dan menghasilkan suatu kumpulan data baik berbentuk bilangan atau angka-angka. kumpulan angka-angka tersebut sering disusun dan diatur dalam bentuk daftar atau tabel. tidak hanya itu sering juga daftar atau tabel tersebut di sertai dengan grafik atau gambar gambar ataupun diagram. data tersebut di bentuk grafik atau diagram yaitu untuk lebih memperjelas tentang persoalan yang sedah diteliti atau dipelajari. bertahun tahun yang lalu orang menamakan ini dengan statistik.

Jadi, kata statistik telah dipakai untuk menyatakan kumpulan data, bilangan maupun non-bilangan yang disusun dalam tabel dan atau diagram, yang melukiskan atau penggambarkan suatu persoalan,
Kita telah mengenal statistik penduduk, statistik kelahiran, statistik pendidikan, statistik produksi, statistik pertanian, statistik kesehatan dan masih banyak lagi yang lainnya.

apakah sekarang yang di maksud dengan statistika?

statistika adalah pengetahuan yang berhubungan dengan cara cara pengumpulan data, pengolahan atau penganalisisannya dan penarikan kesimpulan berdasarkan kumpulan data penganalisisan yang dilakukan.


data statistik
keterangan atau ilustrasi mengenai suatu hal bisa berbentuk kategori, misalkan: rusak, baik, senag, puas, berhasil, gagal, dan sebagainya atau berbentuk bilangan. Kesemuanya ini adalah data, atau lengkapnya data statistik

ada bebarapa jenis data
data kuantitatif:
1. data diskrit yaitu data dari hasil menghitung
2. data kontinyu data dari hasil mengukur.
 data kualitatif
data intern
data ekstrn
data primer
data sekunder
data mentah: data yang baru di kumpulkan
 

Post a Comment for "STATISTIK DAN STATISTIKA"