Breaking

Friday, November 3, 2017

Cinta Rupiah Cinta Indonesia #cintarupiah

Uang dengan desain terbaru
Banyak sekali kabar yang pro dan kontra beberapa waktu lalu mengenai uang rupiah yang memiliki desain baru yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia. Ada yang setuju dengan perubahan desain uang rupiah yang terjadi, adapula yang tidak setuju entah itu dari warna, gambar, dan lain sebagainya. Tentu mereka punya alasan masing-masing mengapa mereka setuju dan tidak setuju dikeluarkannya uang dengan desain baru tersebut. Namun, jangan sampai hal ini menjadi suatu polemik yang membuat suatu perpecahan, karena kita "Satu" kita "Indonesia". Terlepas dari pro dan kontra yang terjadi, kini uang dengan desain baru telah tersebar dimasyarakat Indonesia. Masyarakat menerima dengan baik keberadaan uang rupiah dengan desain baru tersebut, walaupun tidak serta merta menggantikan uang yang lama karena butuh proses untuk menggantikannya. 
Ciri-ciri uang kertas 100000
sumber: bi.go.id

Tentunya desain uang lama memiliki perbedaan yang sangat mencolok dengan uang yang memiliki desain baru. Saya percaya Bank Indonesia memiliki alasan yang kuat mengapa uang dengan desain lama digantikan dengan yang baru dimana mereka berpedoman pada UU No.7 Tahun 2011. Ini menunjukan ada dasar hukum yang kuat untuk mengganti desain uang rupiah. Sebagai warga negara yang mencintai Indonesia jangan hanya menganggap uang rupiah sebagai alat transaksi atau alat untuk memenuhi kebutuhan yang akan membuat kita bahagia namun, kita juga harus mengetahui ciri-ciri dan fungsi dari setiap bagian uang rupiah tersebut. Bila perlu kita semua harus tahu dan paham bagaimana sejarah uang dari jaman dulu sampai sekrang sehingga lebih mencintai uang itu sendiri. Sebagian besar masyarakat kurang menyadari akan pentingnya memahami hal ini (ciri-ciri dan bagian dari uang rupiah) sehingga berdampak negatif seperti mendapatkan uang palsu dan sebagainya. Jika kita sebagai masyarakat yang baik mengetahui atau memiliki pengetahuan akan uang (bukan hanya masalah nominal) maka kejadian yang telah disebutkan tadi tidak mungkin terjadi dalam masyarakat. nah, Apa saja bagian uang yang perlu kita ketahui? Berikut akan dijelaskan secara singkat

1. Gambar pahlawan
Salah satu pahlawan pada uang kertas 50000
Sumber: BI.go.id
Gambar pahlawan menjadi salah satu bagian yang sangat penting yang terdapat pada uang. Kita sebagai bangsa yang besar tidak boleh melupakan sejarah dan tidak boleh melupakan perjuangan para pahlawan untuk kemerdekaan dan kesejahtraan rakyat. Kita tidak akan merdeka/bebas seperti sekarang ini tanpa perjuangan para pahlawan kita. Gambar pahlawan yang diambil adalah pahlawan yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia tidak hanya yang berada di suatu daerah saja yang menandakan bahwa kita memiliki perbedaan(beranekaragam) namun tetap satu tujuan yaitu memajukan negara yang kita cintai "INDONESIA". Uang merupakan salah satu sarana edukasi untuk mengingatkan kita akan sejarah dan melihat bagaimana persatuan dibentuk walaupun kita berbeda-beda.
Kita tidak sama tetapi kita kerja sama (ikrar pemuda dalam perayaan sumpah pemuda 28 oktober 2017)
Jika kalian sadar maka pasti kalian tahu pahlawan yang tertera pada uang rupiah kita yang baru bukan? yang tahu silahkan memberikan komentarnya ya.

2. Fitur pengaman:
merupakan salah satu bagian yang sangat penting yang harus dimiliki oleh setiap uang agar tidak mudah dipalsukan oleh oknum yang serakah dan tidak bertanggung jawab. Fitur pengaman yang ada pada uang terbaru yaitu

  • Color shifting (Tinta berubah warna)
  • Rainbow feature (gambar tersembunyi multiwarna)
  • Latent image (gambar tersembunyi)
  • Ultra violet fearut
  • Rectoverso (gambar saling ini)
  • Tactile Effect(kode tuna netra)

3. Seni dan Budaya 
Pada bagian belakang uang kertas terdapat gambar salah satu seni tari yang ada di daerah Indonesia. Tidak hanya itu juga terdapat gambar keindahan alam dari negara kita "Indonesia". Ini menunjukkan bahwa negara kita memiliki kekayaan yang luar biasa di bidang seni dan budaya. Pesan yang kita dapat ambil adalah kita harus melestarikan dan menjaga kekayaan alam dan budaya yang kita miliki.
Pendidikan bisa memberi Anda keahlian, tetapi pendidikan budaya mampu memberi Anda martabat. (Ellen Key, 1849-1926)

4. Lambang Negara:

gambar burung garuda pada uang pecahan 20000
sumber: bi.go.id
Bagian yang sangat penting lainnya yaitu terdapat lambang negara/burung garuda (Garuda pancasila) terdapat di semua mata uang rupiah yang kita miliki. Oleh karena itu betapa berartinya uang yang kita miliki mampu menumbuhkan sikap nasionalisme yang kita miliki. Salah satu cara menghormati dan mencintai bangsa kita sendiri adalah dengan mencintai uang rupiah.
 Cinta rupiah Cinta Indonesia
Seperti yang kita ketahui bersama bahwa uang dijadikan sebagai alat transaksi jual beli dalam masyarakat baik secara langsung maupun tidak langsung. Dalam melakukan transaksi ada beberapa kemungkinan yang terjadi yaitu keduanya merasa senang, salah satu merasa senang, dan keduanya merasa senang. Tidak dipungkiri bahwa uang dapat membuat orang melakukan adu argumentasi. Pernahkan kalian mendengar atau melihat dua orang di pasar melakukan argumentasi yang sangat keras karena uang? padahal permasalahannya sangat sepele yaitu karena uangnya bolong atau robek. Jika kita telaah  dari sisi yang lebih positif maka dengan adanya uang sebagai alat tukar merupakan alat pemersatu bangsa yang sangat luar biasa.
Jika ditanya soal uang, setiap orang tidak akan berbeda. (voltaire)
Transaksi menggunakan uang di pasar apung
sumber: aktual.com
Bayangkan berapa banyak orang saling berbicara setiap hari di pasar, di toko, di jalan tidak memandang ras, golonga, agama semua berkomunikasi untuk bertransaksi. Betapa besar daya tarik uang dalam hal ini untuk mempersatu dua orang. Agar tidak timbul permasalahan seperti adu argumentasi yang berujung pada perpecahan karena uang yang bolong atau robek. Mulai sekarang tumbuhkanlah kesadaran dalam diri kita untuk menumbuhkan rasa sayan cinta kita terhadap rupiah. Agar tidak terjadi adu argumentasi karena uang yang robek atau bolong maka dapat dilakukan hal yang sangat sederhana yaitu dengan mencintai uang rupiah(Gerakan Cinta Rupiah) anda dengan cara yang direkombinasikan oleh Bank Indonesia dengan gerakan 5J:

  • JanganDilipat
  • Jangan Dicoret
  • Jangan Distapler
  • Jangan Diremas
  • Jangan Dibasahi
Gerakan tersebut akan dapat terlaksana apabila semua elemen masyarakat memiliki kesadaran akan pentingnya gerakan tersebut. Gerakan tersebut akan terlaksana jika setiap elemen masyarakat paham akan uang rupiah sehingga menumbuhkan rasa cinta di dalam diri seseorang.

Kenali Uangnya, Bijak Penggunaanya
Jika kita pandang secara seksama dalam uang terdapat dasar filosofis yang sangat kuat yang mengajarkan kita berbagai hal mulai dari saling menghargai antar sesama, menghargai dan selalu ingat sejarah, menghargai dan mengetahui kekayaan alam dan budaya yang kita miliki, Menumbuhkan sikap nasionalisme, menumbuhkan sikap cinta akan bangsa dan negara. Hal ini tertuang dalam sebuah lembaran kertas yang kita sebut dengan uang rupiah.
 Mari semua lapisan masyarakat Cintai Rupiah dengan demikian kita sudah melakukan langkah kecil untuk Cinta Indonesia

1 comment:

  1. Sepakat, gambar-gambar dan simbol di lembaran uang kertas Rupiah itu sendiri sudah menggambarkan cinta Rupiah, maka dari itu memang desainnya harus Indonesia banget ini

    ReplyDelete

silahkan anda melakukan komentar pada kolom komentar di bawah ini

Pengunjung yang budiman, jika kalian menemukan link yang rusak segera hubungi kami dengan cara berkomentar yang baik di postingan yang memiliki link yang rusak. Terimakasih atas perhatiannya bantuan kalian sangat kami butuhkan demi kenyamanan kita semua