Breaking

Wednesday, November 8, 2017

Kerajaan Hindu Di Indonesia

Oke sobat kumpulan soal, kali ini kami akan memberikan sedikit pengetahuan tentang kerajaan Hindu yang pernah ada di Indonesia. tentunya ini merupakan kerajaan yang besar ya. 

Kalian tahu tidak ajaran hindu dari mana teman?

ya, benar sekali ajaran hindu berasal dari India. Dari daratan India ajaran Hindu berkembang ke Asia termasuk Indonesia.

Bagaimana cara masuk ke Indonesia?

Ajaran hindu masuk Ke Indonesia bukan dengan kekerasan atau penjajahan ya teman, melainkan dibawa oleh para pendeta brahmana dan para pedagang. Budaya Hindu di Indonesia ditandai dengan munculnya kerajaan bercorak hindu dengan beberapa peninggalannya.

Kerajaan apa saja yang bercorak Hindu di Indonesia?

1. Kerajaan Kutai

Kerajaan kutai merupakan kerajaan hindu tertua di Indonesia yang berdiri sejak 400 tahun  masehi.

Letakna dimana?

Letaknya di dekat sungai mahakan Kalimantan Timur.

Siapa saja rajanya?

Raja dari kerajaan kutai yang pertama bernama kudungga dan yang paling terkenal bernama Mulawarman. jangan tanya siapa mulawarman. ya tentunya adalah anak kudungga.. hehe

Apa saja peninggalan kerajaan kutai?

Peninggalan kerajaan kutai berupa yupa yaitu batu yang menceritakan kerajaan kutai dan beberapa prasasti yang ditulis dengan huruf pallawa dan berbahasa sansekerta.

2. Kerajaan Tarumanegara

Kerajaan tarumanegara merupakan kerajaan hindu tertua di pulau jawa yang berdiri pada tahun 450 masehi.

Letaknya dimana?

letak dari kerajaan taruma negara yaitu disekitar bogor jawa barat. 

Siapa saja Rajanya?

Raja yang terkenal bernama Puranawarman yang pada msa pemerintahannya berhasil membuat saluran air untuk lahan pertanian dan untuk mencegah banjir yang biasanya menyerang desa.

Apa saja peninggalan kerajaan tarumanegara?

peninggalan kerajaan tarumanegara berupa 7 buah prasasti yaitu ciaruteun, kebon kopi, tugu, lebak, jambu, pasir awi, dan muara cianten.

3. Kerajaan Mataram

kerajaan mataram merupakan kerajaan yang berada di pulau jawa yang pertama kali di pimpin oleh seorang raja yang bijaksana bernama raja sanna. Setelah raja sanna wafat ia digantikan oleh Sanjaya yang merupakan ahli dalam kitab-kitab dan keprajuritan. Pada masa sanjaya mataram memperluas wilayahnya dengan menaklukan beberapa daerah sekitarnya seperti jawa barat, jawa timur dan bali

Peningga;am Kerajaan mataram berupa sebuah prasasti yang berangka tahun 732 masehi yang menceritakan tentang didirikannya sebuag lingga di atas sebuah bukit di daerah kuranjakura oleh sanjaya

4. Kerajaan Singosari

Kerajaan singosari merupakan kerajaan yang berdiri tahun 1222 masehi. yang letaknya berada di sekitar singosari jawa timur. Kerajaan ini didirikan oleh Ken Arok. Setelah Ken Arok wafat beliau digantikan oleh Anusapati. Raja kerajaan singosari setelah anusapati adalah Panji Tohjaya. kemudian diperintah oleh raja Kertanegara yang merupakan raja singosari yang terkenal. 

5. Kerajaan Majapahit

Ada yang tahu cerita berdirinya majapahit? kalo tahu bisa share ya

No comments:

Post a Comment

silahkan anda melakukan komentar pada kolom komentar di bawah ini

Pengunjung yang budiman, jika kalian menemukan link yang rusak segera hubungi kami dengan cara berkomentar yang baik di postingan yang memiliki link yang rusak. Terimakasih atas perhatiannya bantuan kalian sangat kami butuhkan demi kenyamanan kita semua